Sejarah drum set alat musik drum

Sejarah drum set alat musik drum. Salah satu alat musik yang popular saat ini di dunia adalah drum. alat musik ini ternyata telah ada sejak awal peradaban manusia. Pada zaman awal peradaban manusia, biasa memukul-mukul benda yang ada di sekitarnya untuk mengungkapkan kegembiraan saat berhasil menangkap hewan buruan. Lama-lama, mereka paham akan sumber bunyi seperti genderang itu. Mereka membuatnya dari sepotong batang kayu berongga yang ujungnya ditutup kulit reptil atau ikan dan dimainkan dengan cara ditepuk. Bentuk drum dengan panjang yang dibuat lubang memanjang pada bagian tengahnya agar dapat menghasilkan suara terbuat dari kayu, itu adalah bentuk drum yang paling primitif. Alat musik tersebut berkembang terus menerus mengarungi zaman melalui modifikasi berulang – ulang dan akhirnya terciptalah drum dengan komposisi seperti sekarang.

Perkembangan pertama, drum mulai dibuat dengan memakai kayu gelonggongan yang dilubangi pada bagian dalam, dan bagian paling atas dipasang kulit hewan untuk menghasilkan resonasi suara ketika ditabuh atau dipukul. Alat musik seperti ini dikenal dengan istilah “Peg drum”. Orang yang pertama kali menggunakan alat musik tabuh pada zaman purba ini adalah masyarakat Afrika. Penjelasan drum disini, yakni alat musik yang dimainkan secara ditabuh atau dipukul.  Banyaknya ditemukan fosil – fosil drum purbakala dibenua Afrika. Diyakini bahwa pada periode itu drum dipakai sebagai sarana atau alat untuk berinteraksi dengan masyarakat suku – suku primitif pada zaman purba, juga dipakai untuk menggelar sebuah upacara adat.

Mesir Kuno

Pada peradaban Mesir Kuno sekitar 4000 SM, ditemukan drum kayu terbuat dari kulit binatang. Memainkannya dengan cara memukulkan tongkat kayu yang bentuknya kurang lebih sama dengan stik drum sekarang. Alat musik ini ditemukan bersama artefak khas Mesir Kuno. Kemudian, kerangka drum raksasa ditemukan di kalangan bangsa Sumeria Kuno dan Mesopotamia. Diperkirakan drum tersebut dibuat sekitar 3000 tahun lalu.

Afrika dan Yunani

Di Afrika dan Yunani, ditemukan juga bukti sejarah berupa drum yang diperkirakan dibuat pada 2000 SM. Kerangka drumnya kurang lebih sama dengan yang ditemukan di Mesir. Di tahun itu pula, terdapat drum yang bentuknya menyerupai jam pasir pada relief candi India tertua bernama Bharhut. Di waktu bersamaan, Romawi menggunakan drum yang ditemukan di negaranya sebagai tambur pengobar semangat pasukan perang. Ini pertama kalinya terjadi di dunia.

Beberapa Negara Lain

Di Persia, sekitar 600-an Masehi, dibuat genderang pendek dari tanah liat. Kemudian, genderang itu dibuat dari logam dan kayu. Selanjutnya, menyebar ke Afrika, Eropa, dan Asia, sebagai musik pengiring perang. Masyarakat Eropa pada abad ke-13 mengenal timpani, alat musik yang terbuat dari tembaga dan berbentuk kettle sup. Timpani kadang disebut kettle drum.

Dua abad setelah itu, kettle drum dipergunakan di Inggris dalam bidang ketentaraan sebagai penanda waktu, aba-aba serangan, dan senjata yang membuat musuh ketakutan.

sejarah drum,sejarah drum set,sejarah drum wikipedia,sejarah drummer a7x,sejarah drumband,sejarah drumband di dunia,sejarah drum tama,sejarah drumblek,sejarah drum elektrik,sejarah drum modern,asal usul drum,asal usul drum band,asal usul drum set,asal mula drum set,asal usul snare drum ,asal mula drum band,asal usul hang drum,asal usul sejarah drum,asal usul bass drum,penemu drum pertama di dunia,sejarah bass,sejarah singkat drum,asal negara alat musik drum,sejarah drumband di dunia,alat musik drum berasal dari negara,alat musik drum dan penjelasannya,macam macam drum dan harganya,alat musik drum berasal dari negara,asal daerah drum,berasal dari manakah drum,piano berasal dari,fungsi drum,penemu drum,alat musik modern,alat musik melodis,harga drum paling murah,cara memainkan alat musik drum,musik drum mp3,download lagu musik drum,harga drum yamaha,drum murah 1jt,harga drum set bekas,drum set murah berkualitas

Penjelajah Eropa

Penjelajahan bangsa Eropa pada 1500 ke Amerika sekaligus memperkenalkan drum. Pengaruh drum sangat luar biasa bagi militer hingga 1800 beberapa negara mulai mempelajari drum dalam pasukan. Drum band dicetuskan oleh pasukan militer Rusia saat memainkan parade musik menggunakan drum pada 1813.

Di era kebangkitan musik di Amerika pada 1935, drum muncul tidak dalam bentuk tunggal. Berbagai macam drum diperkenalkan, seperti genderang senar, genderang tenor, genderang bas, dan simbal. Barulah pada era 70-an muncul drum listrik yang bunyinya kurang lebih sama dengan timpani, gendang, dan drum akustik

Pada periode tahun 1930 – an, perangkat drum yang sebelumnya hanya terdiri dari bass drum dan snare saja, kini mulai berkembang dan bervariasi lain seperti woodblock, tom – tom, tambourine dan cowbell yang semuanya itu dapat dipasang dan digabungkan pada bagian atas bass drum. Untuk standar drum set pada waktu awal perkembangannya hanya terdiri dari snare drum 14”, bass drum 26” atau 28”, hi – hat tanpa stand, tom – tom, dan cymbal yang dipasang pada bagian atas bass drum. Untuk head drum pun hanya terbuat dari kulit hewan. Beberapa jenis musik yang selalu dimainkan pada saat itu adalah Ragtime, Foxtrot, dan Dixieland. Lalu sekitar tahun 1930 – an mulailah berkembang jenis musik Jazz, yang kemudian juga pada tahun 1940 – an terlahir musik Swing. Para Drummer yang terkenal dan terpopuler era 1920 sampai 1940 – an adalah Buddy Rich, Roy Knapp, Papa Jo Jones, Louie Bellson, dan Gene Krupa.

Sejarah alat musik drum pada awal 1940 – an. Bagian cymbal sudah tidak lagi digunakan dan dipasang di atas bass drum lagi, namun sudah menggunakan stand sendiri. Pada waktu itu pula di temukan jenis cymbal lainnya seperti ride: crash dan hi – hat. Perusahaan pelopor yang masih aktip dalam pembuatan drum sampai saat ini adalah Ludwig (Amerika) dan Premier (Inggris).

Pada dekade sekitar 1950 – an, head drum sudah dapat berevolusi menggunakan bahan sintesis yang tidak akan terpengaruh oleh perubahan – perubahan suhu udara. Pada pertengahan tahun 1950n– n, akhirnya mulailah lahir jenis musik Rock & Roll. Untuk drum set standar pada waktu ini terdiri dari floor tom 14”, snare drum 14”, bass drum 24”, tom 12”, ride cymbal, hi – hat, dan crash cymbal. Pemain drum yang terkenal pada masa itu adalah Ringo Starr (The Beatles).

Pada akhir tahun 1960 – an era musik hard rock pun mulai tumbuh dan bangkit, begitu juga dengan drum set yang secara terus – menerus berevolusi. Banyak pemain drum rock menambahkan beberapa variasi perangkat drum seperti menggunakan ukuran tom 6”, 8” 10” sampai ukuran terbesar 18”. Begitu juga dengan perkembangan cymbal, jenis cymbal bertambah variatif seperti Splash, China, Gong, dan yang lainnya.

Beberapa grup band pun banyak bermunculan dengan mengusung aliran musik bergenre rock, seperti The Rolling Stones, Zeppelin, Rush, dan Led. Pemain drum yang terkenal pada saat itu antara lain adalah John Bonham (Led Zeppelin), Paice (Deep) Purple), dan Neil Peart (Rush). Perkembangan selanjutnya pada tahun 1980 hingga 1990 – an, musik rock semakin mendunia dan beridirilah banda – band cadas dengan pemain drum rock, diantaranya: Terry Bozzio, Mike Portnoy, Matt Sorum, Virgil Donati, Dennis Chambers, Lars Ulrich (Metallica), dan masih banyak drummer lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *