Cajon Drum Adalah

Cajon Drum Adalah alat musik perkusi berbentuk kotak bersisi enam yang dimainkan dengan menepuk sisi-sisinya dengan tangan, jari, atau berbagai alat lain seperti stik atau sikat (drum box). Cajón umumnya dibuat dari kayu lapis dengan ketebalan antara 1,3 hingga 1,9 cm pada lima sisinya dan papan yang lebih tipis pada sisi keenam yang berfungsi sebagai bidang utama untuk ditepuk atau dipukul. Alat musik ini mulai berkembang luas pada akhir abad ke-18 di kalangan budak asal Afrika di Peru.

Cajon adalah alat musik instrumen perkusi yang dimainkan dengan menepukkan tangan ke permukaan depan alat tersebut. Pernahkah Anda melihat orang menabuh gendang? nah seperti itulah kira-kira alat ini dimainkan. Alat ini bentuknya kotak dan terlihat seperti bangku yang diatasnya diduduki oleh si pemain cajon drum itu sendiri. Bagian depan alat ini agak sedikit lebih tipis dari bagian lainnya. Setiap bagian permukaan memiliki bunyi yang berbeda pula.

Cajon box merupakan alat musik akustik yang sedang digemari oleh banyak orang khususnya di IndonesiaCajon atau drum box adalah sebuah alat musik perkusi (alat musik pukul) seperti box drum yang berasal dari Peru dan diperkirakan sudah banyak digunakan sejak abad 18. Arti kata Cajon sendri adalah“kotak”, diambil dari bahasa Spanyol

Drum box acoustic sangat cocok dimainkan mengiringi instrumen akustik. Bentuknya yang simpel dan mudah dibawa menjadikannya alat musik pengganti drum yang sangat diminati. Cajon juga bisa dimodifikasi dan cara memainkannya juga bisa lebih variatif. Seperti halnya drum,  cajon juga bisa dilengkapi dengan cajon pedal

Uniknya ada sebuah teori yang menyatakan bahwa desain cajon yang kecil dan simpel bertujuan untuk menyamarkan drum akustik ini, mengapa? Dulu ceritanya pada zaman penjajahan, ada sebagian etnis yang dilarang bermusik. Untuk itu cajon ini di desain berbentuk kotak menyerupai bangku dengan tujuan menyamarkan alat ini dan mengelabuhi penjajah.

Pada dasarnya cajon dan drum memiliki fungsi yang sama, yaitu pengisi ketukan dan penjaga tempo pada suatu alur permainan lagu atau musik. Penggunaan dan modifikasi alat musik ini juga tidak lepas dari kebutuhan dan tuntutan inovasi bermusik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *