Sejarah Gitar Akustik dan Asal Usul Gitar Akustik

Sejarah gitar akustik .Gitar adalah salah satu dari alat musik yang paling terkenal di dunia. Mulai dari hanya penikmat musik sampai seorang musisi semua mengenal alat musik gitar ini. Gitar sangat familiar diseluruh kalangan masyarakat buktinya mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja, hingga pejabat pasti ada yang sanggup bermain gitar.  Bisa dibilang sebagain besar orang didunia paling banyak bisa memainkan alat musik gitar jika dibandingkan dengan alat musik lainnya. Gitar adalah alat musik yang paling fleksibel untuk memainkan chord maupun melodi, mampu menghasilkan suara yang indah, harganya yang cukup terjangkau, mudah dibawa kemana saja dan masih banyak lagi sehingga banyak orang menyukainya.

Gitar merupakan alat musik yang asal bunyi dari dawai yang dimainkan dengan cara dipetik, pada umumnya dapat menggunakan jari. Gitar terbentuk dari sebuah bagian tubuh untuk suara dan bagian leher tempat untuk menaruh senar yang pada umumnya berjumlah enam senar.  Secara tradisional gitar dibentuk dari berbagai macam kayu dengan senar yang terbuat dari bahan nilon maupun kawat baja. Beberapa gitar yang modern terbuat dari bahan polikarbonat. secara umum gitar terbagi menjadi dua jenis : gitar elektrik dan gitar akustik. Banyak orang yang mengenal gitar modern saat ini, tapi tidak banyak yang mengetahui sejarahnya, oleh karena itu kami akan sedikit memberikan gambaran tentang sejarah gitar klasik di dunia.

Hm cajon,jual cajon,cajon murah,sejarah gitar,sejarah gitar klasik,sejarah gitar listrik,sejarah gitar akustik,sejarah gitar fender,sejarah gitar gibson,sejarah gitar ibanez,sejarah gitar prince,sejarah gitar cort,sejarah gitar elektrik,sejarah gitar yamaha,jenis gitar,bagian bagian gitar,penemu gitar,fungsi gitar,pengertian gitar,harga gitar klasik,jenis gitar untuk pemula,asal usul gitar,asal usul gitar akustik,asal usul gitar bass,asal usul gitar ibanez,asal usul gitar kapok,asal usul gitar cort,asal usul gitar fender,asal usul gitar klasik,asal usul gitar rhoma irama,asal usul gitar roma irama,asal usul gitar les paul,penemu gitar,fungsi gitar,sejarah gitar akustik,sejarah singkat gitar,biola berasal dari,asal piano,pengertian gitar,sejarah gitar klasikSejarah Gitar

Kata Gitar pada mulanya diambil dari nama alat musik petik kita di daerah persia sekitar tahun 1500 SM yang sikenal sebagai citar atau Sehtar. alat musik ini kemudian berkembang menjadi berbagai macam bentuk Gitar yang dikenal dengan nama umum tanbur. Pada tahun 300 SM Tanbur persia dikembangkan oleh bangsa yunani dan enam abad kemudian oleh bangsa romawi (Below, 1970:54-55). Pada tahun 476M alat musik ini dibawah oleh orang romawi ke spanyol dan berubah menjadi Guitarra Latina untuk memainkan akor dan guitarra Morisca yang berfungsi sebagai pembawa melodi. Tiga abad kemudian bangsa arab membawa seperti gitar gambus yang orang arab menyebutnya al ud ke spanyol (Summerfield, 1982:12). Berdasarkan konstruksi ud arab dan kedua model gitar dari romawi tersebut. bangsa spanyol kemudian membuat alat musik sendiri yang diberi nama vihuela. Vihuela menjadi sangat populer di spanyol sementar alat musik yang dahulu berlahan mulai ditinggalkan. Meskipun demikian al ud diterima sangat baik oleh orang-orang eropa bagian barat dan menyaingi popularitas vihuela di spanyol. Di eropa al ud disambut dengan baik dan berkembang menjadi berbagai macam model di eropa hingga akhir abad ke 17. Sementara itu vihuela terus berkembang menjadi berbagai macam gitar selama ber abad-abad hingga menjadi gitar klasik yang kita gunakan sampai saat ini.

Untuk keaslian gitar tidak dapat dilihat dari keantikannya. Beberapa ahli mengatakan kalau alat musik ini berasal dari benua afrika, dimana banyak sekali replika modern dalam bentuk kotak bulat seperti kulit kerang dengan gut/benang sutera, Para ahli juga menemukan alat ini dalam bentuk kaca di relief batu tua di zaman asia tenggara dan Asia Kuno. Pada pemikiran lain juga timbul dengan ditemukannya vas vas yunani kuno yang bercorak. Greek Strings mungkin adalah alat musik pertama yang digolongkan sebagai Gitar. kemungkinan Gitar modern berasal dari spanyol, Tetapi berbagai jenis gitar seperti instrumen yang dapat kita saksikan dilukisan lukisan pada zaman medieval dan Renaiassance yang banyak terdapat di seluruh eropa.

Perubahan Bentuk Gitar Akustik

gitar akustikPada abad ke-19 dimana komunikasi dan transportasi berkembang dengan pesat sehingga memungkinkan para pemain gitar untuk melakukan perjalanan ke berbagai kota, negara dan benua. Dengan cara ini, gitar semakin terkenal secara luas oleh masyarakat dari berbagai belahan dunia.

Pada abad ini, gitar semakin populer di Spayol dan Antonio de torres mengubah bentuk gitar Spanyol ke bentuk yang lebih modern. Lekukan tubuh gitar diperbesar, luas tubuh gitar makin lebar, semakin tipis, peningkatkan internal bracing, 6 senar ganda diganti menjadi 6 senar tunggal, tala kayu pasak diganti dengan mesin manual yang memudahkan proses pengencangan senar.

Bila kredit awal pengembangan gitar akustik diberikan ke pada Eripa maka gitar akustik dengan senar baja merupakan perkembangan yang dilahirkan Amerika. Pada awal abada ke-20, sejumlah imigran dari Eropa memasuki Amerika dan diantara mereka ada beberapa orang yang sangat terampil dalam pembuatan gitar dengan senar baja.

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *